Rabu, 05 September 2012

Pemeliharaan dan Perawatan Komputer

Pemeliharaan dan Perawatan Komputer

Ada dua Musuh utama PC Anda yaitu panas dan kelembaban. Kelebihan panas mempercepat kerusakan pada sirkuit halus dalam sistem Anda. Penyebab paling umum dari overheating ini debu dan kotoran: ventilasi tersumbat dan pendinginan CPU yang dapat menjaga udara panas menghilang dan bergerak melalui alat ini, dan bahkan lapisan tipis debu atau kotoran dapat menaikkan suhu komponen mesin Anda.
Setiap kotoran, tapi khususnya residu dari asap rokok, dapat menimbulkan korosi terkena kontak logam. Itu sebabnya usahakan agar sistem Anda bersih, luar dalam.
Jika PC Anda berada dalam lingkungan, relatif bersih iklim yang terkendali, hanya perlu  melakukan pembersihan tahunan. Tapi di lokasi dunia nyata, seperti kantor berdebu atau lantai toko, dan di ruangan yang tidak ber AC sistem Anda mungkin perlu membersihkan setiap beberapa bulan.
Yang Anda butuhkan adalah tisu benang-gratis, Facum Cleaner, beberapa tetes larutan pembersih yang ringan seperti Formula 409 atau Kain pembersih dalam semangkuk air, dan tali pergelangan tangan antistatic untuk melindungi sistem Anda ketika Anda membersihkan bagian dalam Komputer.

*Kotoran di Luar Casing CPU
Sebelum anda memulai pembersihan, cek di sekitar PC Anda untuk apa pun di dekatnya yang bisa menaikkan suhu (seperti saluran pemanasan atau sinar matahari masuk melalui jendela). Juga jelas apa saja yang mungkin jatuh di atasnya atau membuat kotor, seperti rak buku atau houseplants.
Selalu matikan dan cabut listrik dari komputer sebelum Anda membersihkan komponennya. Jangan pernah menyiram cairan langsung ke komponen. Spray atau menuangkan cairan pada kain-bebas serat, dan menyeka PC dengan kain.

*Bersihkan FAN CPU
Lap Fan dan ventilasi port dari setiap penghalang udara, jangan sampai meniup debu ke PC atau drive-nya, optik dan disket. Jauhkan semua kabel dari fan dan terpasang kuat ke konektor mereka.

*Merawat mouse
Ketika sebuah mouse Optikalnya kotor, pointer bergerak tak teratur bahkan tidak bergerak. Ini disebabkan di sekitar lampu sensor optikalnya penuh debu sehingga menghalangi sensor untuk memantulkan cahaya infra red ke Opticalnya. Bersihkan debu dari sekitar lampu sensor dengan menggunkan kain halus agar debu tidak menghalangi pantulan sinar ke Optic mousnya.

*Merawat Keyboard :
Balikkan keyboard dan goyang-goyang untuk membersihkan remah-remah dari antara tombol. Jika itu tidak cukup, dan Jika rombol keyboard sering macet bila di tekan tidak mau kembali berarti kunci tombol Keyboard Anda benar-benar kotor, bongkar semua tombol agar mudah dibersihkan dengan menggunakan Pincet sebagai penjepit jumbo – hanya pastikan untuk menggunakan sentuhan lembut.

Sumber Informasi:
http://dunovteck.wordpress.com/2010/04/22/panduan-lengkap-pemeliharaan-komputer/









Tidak ada komentar:

Posting Komentar