JAWABAN UTS PTI
ANGKATAN 6
(No Kode Soal 11)
1.
Teknologi Informasi
Teknologi
informasi adalah hal- hal yang berkaitan dengan informasi, yang dapat membantu
kita atau memudahkan kita mengerjakan sesuatu. Adapun pengertian menurut
pendapat para ahli adalah sebagai berikut:
Hag
den keen (1996). Teknologi informasi adalah
seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan
tugas- tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Martin
(1999). Teknologi informasi tidak
hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras atau luunak) yang
digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup
teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Williams
dan swayer (2003). Teknologi informasi adalah
teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Dua teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah teknologi komputer dan teknologi informasi.
Beberapa contoh teknologi informasi: handphone, komputer, radio dll.
2.
Pengertian Komputer
Alat
yang dapat memproses data sehingga nantinya menjadi sebuah informasi. Komputer
ini tersusun oleh perangkat- perangkat tertentu sehingga menjadi satu kesatuan.
Beberapa pengertian komputer menurut para ahli:
Donald
H. Sanders
Komputer
adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menghasilkan
output dibawah pengawasan suatu langkah- langkah instruksi- instruksi program
yang tersimpan di memory.
Larry
Long dan Nancy Long
Komputer
adalah sebuah alat elktronik yang dapat menterjemahkan (interpret) dan
mengeksekusi perintah perintah yang terprogram sebagai input, output,
perhitungan, dan operasi logika, secara teknikal sangat komplek tetapi secara
konsep cukup sederhana.
Komponen
komputer terdiri dari dua yaitu perangkat keras (hardware) seperti monitor,
CPU, keyboard, mouse dll; dan perangkat
lunak (software) seperti program- program yang ada pada komputer yaitu winamp,
anti virus, adobe reader, Microsoft, dll.
3.
Piranti Komputer
Piranti
komputer ada 2, yaitu:
a.
Piranti Masukan
Alat-
alat yang dapat digunakan untuk memasukan data- data atau perintah ke dalam
komputer sehingga nantinya setelah diproses diperoleh sebuah informasi.
Keyboard |
b. Piranti Keluaran
Alat-
alat yang dapat menhasilkan sebuah informasi setelah data- datanya dimasukan ke
dalam komputer yang hasinya nanti bisa kita lihat atau kita dengarkan.
Speaker |
Pemrograman
adalah perintah yang dusun menjadi satu kesatuan sehingga komputer dapat
melaksanakan apa yang dikehendaki dan diinginkan oleh user/ pemakai. Perintah-
perintah itu diproses menjadi bahasa pemrograman sehingga nantinya informasi
yang keluar sudah dapat kita mengerti/ pahami.
5.
Multimedia dan Kaitannya dengan
Pembelajaran
Multimedia
adalah komponen- komponen yang dapat menghasilkan sekurang- kurangnya 2 atau
tiga tampilan dari audio, visual, text, grafik dan animasi secara berasamaan.
Kaitan
multimedia dengan pembelajaran:
Bahwa
multimedia dapat menjadi sarana penunjang pembelajaran atau dapat memudahkan
proses pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Multimedia yang digunakan
untuk pembelajaran di sekolah adalah multimedia presentasi dan multimedia
interaktif.
6.
Internet dan Kaitannya dengan
Pembelajaran
Internet
adalah jaringan komputer yang dapat diakses oleh seluruh orang didunia dan
memudahkan kita mencari informasi yang kita inginkan atau bahkan kita dapat
membuat informasi yang dapat diakses oleh semua orang.
Kaitan
internet dengan pembelajaran:
Sama
seperti multimedia, internet dapat menunjang/ mempermudah proses pembelajaran
dari segi informasi atau pematerian. Siswa bisa memperoleh informasi tambahan
dari internet dan dapat memperoleh informasi yang mungkin tidak selalu
diperoleh di sekolah. Dan melihat situasi perkembangan- perkembangan terbaru di
dunia luar baik itu cakupanya nasional ataupun internasional.
7.
Yang dimaksud dengan:
a.
Jejaring Sosial
Wadah
atau tempat di internet yang digunakan oleh orang untuk saling berhubungan satu
sama lain baik itu untuk pertemanan, peng updatean informasi pribadi. Seperti
halnya yang kita kenal sekarang Facebook, Twitter, Friendster, g+, dll.
b.
Asymmetric Digital Subscriber
Line
Komunikasi
jaringan internet dengan kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk tidak sama
dengan sinyal yang keluar (asimetris).
c.
Web Browser
Perangkat
lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web, berselancar
atau menjelajah di internet.
d.
VGA (Video Graphics Adaptor)
Perangkat
komputer berupa perangkat keras yang biasanya digunakan untuk graphis atau
game.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar