Senin, 30 Juli 2012

UTS PTI ANGKATAN 6


JAWABAN UTS PTI ANGKATAN 6
(No Kode Soal 11)
1.        Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah hal- hal yang berkaitan dengan informasi, yang dapat membantu kita atau memudahkan kita mengerjakan sesuatu. Adapun pengertian menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut:
Hag den keen (1996). Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas- tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Martin (1999).  Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras atau luunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Williams dan swayer (2003). Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Dua teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah teknologi komputer dan teknologi informasi.
Beberapa contoh teknologi informasi: handphone, komputer, radio dll.
Handphone

Streaming Radio



Komputer
       2.         Pengertian Komputer
Alat yang dapat memproses data sehingga nantinya menjadi sebuah informasi. Komputer ini tersusun oleh perangkat- perangkat tertentu sehingga menjadi satu kesatuan.

Beberapa pengertian komputer menurut para ahli:
Donald H. Sanders
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah- langkah instruksi- instruksi program yang tersimpan di memory.

Larry Long dan Nancy Long
Komputer adalah sebuah alat elktronik yang dapat menterjemahkan (interpret) dan mengeksekusi perintah perintah yang terprogram sebagai input, output, perhitungan, dan operasi logika, secara teknikal sangat komplek tetapi secara konsep cukup sederhana.

Komponen komputer terdiri dari dua yaitu perangkat keras (hardware) seperti monitor, CPU, keyboard, mouse dll;  dan perangkat lunak (software) seperti program- program yang ada pada komputer yaitu winamp, anti virus, adobe reader, Microsoft, dll.
3.         Piranti Komputer
Piranti komputer ada 2, yaitu:
a.    Piranti Masukan
Alat- alat yang dapat digunakan untuk memasukan data- data atau perintah ke dalam komputer sehingga nantinya setelah diproses diperoleh sebuah informasi.
Piranti masukan contohnya: mouse, keyboard, scanner, microphone dan lain-lain.

Mouse
Keyboard





b.    Piranti Keluaran
Alat- alat yang dapat menhasilkan sebuah informasi setelah data- datanya dimasukan ke dalam komputer yang hasinya nanti bisa kita lihat atau kita dengarkan.
Piranti keluaran contohnya: monitor (view), speaker (audio), printer
Monitor

Speaker


Printer

4.         Pemrograman
Pemrograman adalah perintah yang dusun menjadi satu kesatuan sehingga komputer dapat melaksanakan apa yang dikehendaki dan diinginkan oleh user/ pemakai. Perintah- perintah itu diproses menjadi bahasa pemrograman sehingga nantinya informasi yang keluar sudah dapat kita mengerti/ pahami.

5.         Multimedia dan Kaitannya dengan Pembelajaran
Multimedia adalah komponen- komponen yang dapat menghasilkan sekurang- kurangnya 2 atau tiga tampilan dari audio, visual, text, grafik dan animasi secara berasamaan.

Kaitan multimedia dengan pembelajaran:
Bahwa multimedia dapat menjadi sarana penunjang pembelajaran atau dapat memudahkan proses pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Multimedia yang digunakan untuk pembelajaran di sekolah adalah multimedia presentasi dan multimedia interaktif.

6.         Internet dan Kaitannya dengan Pembelajaran
Internet adalah jaringan komputer yang dapat diakses oleh seluruh orang didunia dan memudahkan kita mencari informasi yang kita inginkan atau bahkan kita dapat membuat informasi yang dapat diakses oleh semua orang.

Kaitan internet dengan pembelajaran:
Sama seperti multimedia, internet dapat menunjang/ mempermudah proses pembelajaran dari segi informasi atau pematerian. Siswa bisa memperoleh informasi tambahan dari internet dan dapat memperoleh informasi yang mungkin tidak selalu diperoleh di sekolah. Dan melihat situasi perkembangan- perkembangan terbaru di dunia luar baik itu cakupanya nasional ataupun internasional.

7.         Yang dimaksud dengan:
a.         Jejaring Sosial
Wadah atau tempat di internet yang digunakan oleh orang untuk saling berhubungan satu sama lain baik itu untuk pertemanan, peng updatean informasi pribadi. Seperti halnya yang kita kenal sekarang Facebook, Twitter, Friendster, g+, dll.
b.         Asymmetric Digital Subscriber Line
Komunikasi jaringan internet dengan kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk tidak sama dengan sinyal yang keluar (asimetris).
c.         Web Browser
Perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web, berselancar atau menjelajah di internet.
d.         VGA (Video Graphics Adaptor)
Perangkat komputer berupa perangkat keras yang biasanya digunakan untuk graphis atau game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar